Minggu, 04 Mei 2014

EKSPOSUR DAN AKUNTANSI VALAS

Akuntansi Sebuah Bahasa Bisnis
Akuntansi merupakan alat menyampaikan informasi keuangan dari sebuah entitas usaha yang melakukan kegiatan bisnis. Akuntansi juga meyerupai bahasa dalam hal bahwa sejumlah aturan akuntansi bersifat definif sementara yang lain tidak. Ada perbedaan pendapat di antara para akuntan mengenai bagaimana suatu peristiwa tertentu harus dilaporkan.
Bahasa berkembangnya sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, demikian juga akuntansi. Semakin kompleks dunia bisnis dan keuangan, semakin kompleks pula informasi keuangannya. Sejumlah aturan yang berlaku sekarang, mungkin pada masa mendatang akan dimodifikasi untuk memenuhi perkembangan atau perubahan kebutuhan organisasi dan konstitutenya, yang sudah tidak dapat dipenuhi lagi dengan aturan yang berlaku sekarang.
Eksposur Valas
Yaitu sebuah ukuran terhadap poteni perubahan profitabilitas, arus kas, dan nilai pasar sebuah perusahaan yang disebabkan oleh perubahan kurs.
Eksposur valas secara konvensional diklasifikasikan menjadi eksposur traksaksi, eksposur translasi, dan eksposur ekonomi, mempunyai substansi ekonomi yang harus dilaporkan pada laporan keuangan.
Eksposur Transaksi berkaitan dengan sensitifitas arus kas kontraktual perusahaan yang dinyatakan dalam valas terhadap peubahan kurs yang diukur dalam valuta domestic perusahaan tersebut. Eksposur transaksi dapat timbul karena :
a)      Membel atau menjual barang/jasa secara kredit yang harganya secara kesepakatan dinyatakan dalam valas
b)      Meminjamkan atau meminjam dana dalam valas
c)      Terkait dala kontrak untuk membeli atau menjual valas pada tanggal tertentu di masa medatang
d)     Transaksi ekonomi yang lain untuk memperoleh aset atau mendapatkan uang yang dinyatakan dalam valas.
Eksposur Translasi didefinikan sebagai potensi peningkatan atau penurunan nilai bersih perusahaan induk dan laba bersih yang dilaporkannya, yang disebabkan oleh fluktuasi kurs sejak tanggal laporan keuangan konsolidasi periode sebelumnya. Tujuan dari translasi adalah membantu dalam mengevaluasi kinerja semua perusahaan afiliasi dengan mengbah angka laporan ke dalam sebuah valuta perusahaan induk.
Eksposur Ekonomi didefinisikan sebagai tingkat sejauh mana nilai perusahaan akan dipengaruhi oleh perubahan kurs yang tidak diharapkan (perhitungkan). Perencanaan untuk eksposur ekonomi melibatka seluruh organisasi (tidak seperti eksposur translasi dan eksposur transaksi yang melibatkan bendahara dan manajer akuntansi) karena eksposur ekonomi mempengaruhi interkasi strategi-strategi yang benar-benar meliputi seluruh bidang fungsional perusahaan, yaitu berupa akuntansi, keuangan, marketing, personalia, dan produksi.

Pasar Valas dan Kurs
Pasar valas merupaka mekanisme melalui valuta suatu negara ditukarkan dengan valuta negara lain, kurs antar valuta ditetapkan, dan transaksi antar valas diselesaikan. Transaksi valas merupakan traksakasi dimana dua belah pihaak setuju untuk menukarkan valuta yang satu denga valuta a
yang lain pada kurs tertentu. Transaksi vaas dapat terjadi di spot market dan forward market. Spot market meliputi pembelian dan penjualan valas yang sangat segera dilaksanakan. Untuk transaksi kecil dipasar retail, penyelesaiannya adalah segera, sedangkan untuk transaksi besar di wholesale market butuh waktu sampai dua hari bisis dalam forward market, para partisipan mengadakan kontak pada hari ini untuk penyerahan/penerimaan valas pada waktu mendatang. Pasar valas mempunyai pasar retail dan pasar wholesale. Karakteristik pasar wholesale adalah transaksinya berukuran besar dan biasanya para partisipan terdiri dari bank dan institusi keuangan yang lain. Pada pasar retail, transaksi-transaksi valas yang terjadi adalah jauh lebih kecil biasanya mempunyai spread yang tinggi.

Sumber:


Tidak ada komentar: