Selasa, 23 Oktober 2012

TULISAN ILMIAH


Tulisan ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian, yang sistematik berdasarkan pada metode ilmiah, untuk mendapatkan jawapan secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.
Tulisan ilmiah adalah laporan tertulis dan dipublikasikan atau dipaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang teliti yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah pasukan dengan memenuhi kaedah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan diterima oleh masyarakat keilmuan.
JENIS TULISAN ILMIAH
      Tulisan ilmiah pendidikan:
v  Kertas kerja
v  Pra Skripsi / penelitian ilmiah
v  Skripsi
v  Tesis
v  Disertasi
      Tulisan ilmiah penelitian
v  Laporan hasil penelitian
v  Jurnal penelitian
KOMPONEN DALAM PENULISAN ILMIAH
      Bahasa:
a)      Perkataan tidak baku: Samada / Sama ada, tak ada
           tidak ada dll
b)  Perkataan Slanga
c)  Perkataan tidak sopan: kencing/ buang air kecil, pelajar
     bodoh/ pelajar lemah
d)  Perkataan usang/kuno : arakian, hatta, syahdan
e)  Perkataan puitis: usia yang senja
f)    Perkataan daerah
      Pemerengganan
      Penutup
KEPENTINGAN TULISAN ILMIAH
      Memperoleh pengakuan profesional dari kalangan profesinya.
      Memperdalam penguasaan bidang ilmu .
      Memperlancar peningkatan tahap akademik atau jabatan  - fungsinalnya.
      Berpartisipasi dalam penyebaran dan pengembangan ilmu.
LANGKAH-LANGKAH PENULISAN TULISAN ILMIAH
A. Bahagian awal

Halaman Judul :

Sebuah judul pada dasarnya menggambarkan kelengkapan menganalisis, jangkauan wilayah, domain penelitian, waktu dan metode yang dipakai serta kesimpulan.
Syarat judul karangan :
1.      Tepat ertinya segala isi yang terkandung di dalam karangan itu dan dapat terlihat dari judul tersebut.


2.      Ekonomik yang maksudnya, judul adalah sebaiknya sependek mungkin tanpa mengurangi erti atau isi atau luas lingkungan yang tercakup di dalam karangan.


3.      Jelas maksudnya judul karangan tidak perlu berbelit-belit dan dibuat-buat supaya tampak ilmiah.


4.      Jelas maksudnya dari segi bahasa, kalimah dan kata-kata yang dipergunakan di dalam judul karangan iaitu hendaknya bahasa, kalimah dan kata-kata yang dapat dimengerti dan dapat dihindari kalimah-kalimah atau kata-kata yang kabur atau ambivalen. Istilah-istilah yang terdapat di dalam judul itu haruslah tepat dan dapat dipertanggungjawabkan oleh pengarang.






B. Bagian isi
Bab I Pendahuluan
Paparan tentang apa yang menjadi masalah dengan latar belakangnya

1. Latar belakang : diskripsi masalah, data awal yang mendukung adanya masalah dan akar
timbulnya masalah. Mengapa dan apa yang mendorong peneliti memilih topik penelitian ini.
2.  Rumusan masalah secara jelas : konsep-konsep yang digunakan, masalah dibatasi, bahagian mana yang digarap, mengapa bahagian itu yang diambil, dan gambarkan pentingnya masalah: sumbangannya terhadap perkembangan ilmu, kegunaan praktis (bila ada), hubungan dengan penelitian lain - Kegunaan yang lebih umum.
3. Tujuan penelitian
     perlu diingat oleh seseorang penulis ialah tema dimana ia merupakan subjek cerita.
      Pembacaan - membantu penulis mendapatkan pelbagai idea dan melihat bagaimana pengarang lain memulakan karya mereka

4. Manfaat penelitian

Bab II Landasan teori

Paparan tentang kerangka acuan atau objek yang sudah digunakan dalam memecahkan masalah. Gambarkan konsep-konsep yang digunakan, pendekatan yang digunakan, gambarkan teori-teori yang pernah ada yang berkaitan dengan masalah yang digarap, mengemukakan asumsi-asumsi dasar sebagai landasan berpikir, dan kemukakan hipotesis bila ada. Umumnya dikemukakan dalam bahagian kerangka teoritis atau landasan teori atau  teori.

Bab III METODE penelitian

Paparan mengenai apa yang dilakukan dalam suatu penelitian (langkah-langkah) yang dilakukan sebelum melakukan suatu penelitian dan dikemas dalam bahagian metode penelitian.
Bab IV Hasil penelitian dan pembahasan

Jawaban  terhadap pertanyaan apa yang dikemukakan umumnya dikemukakan dalam bahagian temuan atau hasil. Hasil-hasil penelitian harus mampu berfungsi sebagai alat pembuktian
Bab V kesimpulan dan saran

Kesimpulan, sebagai pernyataan singkat yang mengungkapkan hasil penyelidikan secara menyeluruh. Saran, sebagai pernyataan yang bertujuan untuk penyempurnaan hasil akhir penyelidikan.

Kesimpulan memuat hasil sesuai dengan tujuan penelitian, penulis harus dapat menjelaskan kepentingan akan temuannya, bukan merupakan pengulangan yang telah dibahas pada bahagian pembahasan, harus menceritakan pada pembaca mengapa temuan ini penting, dan bagaimana temuan ini berkontribusikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penelitian apa yang harus dilakukan kemudian.

BAB VI Abstrak

Abstrak adalah suatu bahagian huraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau lapan baris, bertujuan untuk menerangkan kepada pembaca-pembaca aspek-aspek mana yang tercakup dalam sebuah huraian tanpa berusaha mengatakan apa yang dibicarakan mengenai aspek-aspek itu.

BAB VII referensi : kutipan, catatan kaki, dan daftar pustaka

Kutipan. Pembuatan skripsi dan karya ilmiah mengharuskan para penulis mencari sumber informasi ilmiah yang diperlukan untuk penulisan tersebut. Pengetahuan ilmiah yang dikutip dari seseorang dipergunakan untuk pelbagai tujuan sesuai dengan argumentasi yang diajukan, misalnya untuk mendukung pernyataan penulis atau mendefinisikan sesuatu. Kutipan-kutipan tersebut dapat berbentuk “kutipan langsung” atau “kutipan tidak langsung”. Kutipan langsung yang pendek dimasukkan dalam teks atau tubuh skripsi dengan menggunakan tanda kutip


Tidak ada komentar: